Marhaban Ya Ramadhan, Marhaban Ya Kolak Gedang. Please be nice!!!

Saturday, June 20, 2015


Nggak terasa udah masuk bulan Ramadhan aja dan ini udah hari kedua, yeah tinggal 28 hari lagi, perasaan baru taun kemarin bulan Ramadhan. Waktu begitu cepat berlalu. Akhirnya bulan yang ditunggu-tunggu (ibu-ibu/bapak-bapak penjual kolak) telah tiba. Aku adalah termasuk orang yang antusias ketika menjelang bulan Ramadhan. Aku selalu semangat pokoknya kalau udah bulan puasa. Karena menurut aku bulan Ramadhan adalah bulan puasa. Seperti itu.

Beberapa hal yang aku paling seneng ketika bulan Ramadhan adalah sore-sore mulai banyak yang jualan takjil di pinggir jalan. Mulai dari cendol, sate tahu, cilok, kue lapis, aneka macam gorengan dan menu wajib berbuka puasa yang semacam haram buat dilewatkan yaitu kolak. Iya Kolak Gedang (Kolak Pisang).

Kolak kolak apa yang cinta banget sama pasangannya? Yak betul! Kolak segalanya bagiku. Ya. Love you!!! Oke. Maaf. *kabur...

Selain takjil, yang juga menyenangkan saat puasa adalah tarawih. Yang menyenangkan sebenernya bukan tarawihnya, tapi moment abis tarawihnya waktu lagi rebutan minta tandatangan ke imamnya. Terus keluar masjid maen selepetan pake sarung. Abis itu bakar petasan terus dilempar ke dalem rumah orang. Tarawihnya sih biasa aja, nggak ada bedanya sama sholat yang lain cuma rakaatnya lebih banyak aja dan lebih bikin capek. Ngomong-ngomong soal sholat tarawih, tahukan kamu jika jumlah rakaat solat tarawih di tiap tempat itu berbeda-beda? Oh udah tau ya? Yaudah. *Kemudian di keplak.

Di beberapa tempat, biasanya rakaat solat tarawih itu adalah 11 rakaat dengan formasi 4-4-3 atau 4-4-2-1, tapi formasi yang banyak dipakai adalah formasi 4-4-3 karena menggunakan tiga striker sekaligus. Astaghfirullah maaf maaf..

Berbeda dengan kebanyakan tempat yang rakaat tarawihnya menggunakan formasi 4-4-3 alias 11 rakaat, di tempat aku sholat tarawihnya justru menggunakan formasi 2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-1 alias 23 rakaat. Dilihat dari jumlah rakaatnya, pastinya ini lebih bikin capek ketimbang yang 11 rakaat. Untuk menyiasati solat tarawih 23 rakaat ini, sebaiknya sebelum berangkat tarawih, pastikan kamu berbuka dengan makanan yang sehat, bergizi, dan halal tentunya. Tujuannya apa? Supaya kamu memiliki cadangan energi ketika melakukan ibadah sholat tarawih 23 rakaat. Ini baru di tempat aku, 23 rakaat tapi bacaannya imamnya masih ayat-ayat pendek. Gimana kalo sholat tarawihnya di Mekkah?

Aku nggak ngebayangin kalau misalkan tiap malem selama bulan puasa aku tarawih di Mekkah yang sekali tarawih imamnya baca 1 juzz. Apalagi kalau tarawihnya bolak-balik dari Indonesia ke Mekkah. Coba bayangin.. Berangkat tarawih seger, pulang tarawih dengkul udah lemes kayak abis futsalan 3 jam.

Bentar, aku ngebayangin dulu..

Seperti kata Pak Ustad, bulan Ramadhan adalah bulan yang paling baik di antara seribu bulan. Kenapa bulan Ramadan itu disebut bulan yang paling di antara seribu bulan? Karena konon, saat bulan Ramadhan orang-orang yang berpuasa akan mengalami fase berbuka saat adzan Maghrib. Wow!

Ketika bulan Ramadhan, biasanya selain ditandai dengan ramainya iklan sirup di tipi, datangnya bulan Ramadhan juga akan ditandai dengan ramainya orang-orang yang ribut soal menghormati orang yang sedang berpuasa. Udah kayak pembina upacara harus dihormati.

Gini, jangan hanya karena kamu puasa, orang yang nggak puasa harus ngehormatin kamu dengan cara nggak boleh makan depan kamu, atau misalkan ada warung makan yang buka siang hari terus kamu bilang nggakmenghormati kamu yang lagi puasa. Nggak gitu,itu nggak keren.

Buat aku, yang namanya puasa itu adalah ibadah yang aku lakuin karena kesadaran sendiri dan merupakan urusan aku dengan Tuhan, dan bukan karena pengen dihormati sama orang yang nggak berpuasa. Kalau emang niat puasa sih, mau ada pak Bondan makan depan kamu sambil teriak-teriak ‘MAKNYUUUUUUS’ atau ada chef Farah Queen masak es pisang ijo sambil ngibasin rambut juga puasa kamu nggak bakalan batal. Ya kecuali Farah Queen masak es pisang ijonya pake bikini sambil mendesah ya. Aku juga nyerah kalau kayak gitu..

Mengutip quote dari alm. Gus Dur ‘Jika kita merasa muslim terhormat, maka kita akan berpuasa dengan menghormati orang yang tidak berpuasa‘.

Jadi buat yang menjalankan puasa nggak boleh egois cuma mau dihormati sama yang nggak puasa tapi sendirinya nggak mau menghormati orang yang nggak berpuasa.

Menurut analisis ke-sotoy-an aku, yang puasanya suka batal cuma karena liat ada orang makan, atau ngeliat makanan/minuman enak, itu berarti dia belum cukup dewasa untuk melakukan ibadah puasa. 11-12 sama anak SD yang puasanya cuma sampe siang abis itu disambung lagi sampe maghrib.

Semua orang tau kalau puasa itu bukan cuma tentang menahan lapar dan haus dari terbit sampai terbenamnya matahari, tapi juga tentang menahan hawa nafsu. Sebagai orang yang (sok) matang dan dewasa, aku sih lebih bisa batal puasa karena masalah hawa nafsu bukan karena makanan minuman. Kalau sekedar nahan lapar dan haus doang mah kecil, tapi nahan hawa nafsu ini yang susah. Kayak misalkan nahan kangen biar nggak ketemu dulu sama gebetan atau pacar siang-siang di kost terus di kamar berduaan melakukan perbuatan yang dapat mengurangi pahala atau membatalkan puasa seperti…

Ngomongin keburukan orang sambil ngupil.

Untungnya puasa aku nggak pernah batal, sih. Soalnya pas puasa, aku selalu minum vitamin siang-siang. Jadi puasanya kuat sampe maghrib.

Nggak cuma buat yang punya pacar, buat para fakir asmara atau jomblo yang nggak punya pacar yang dikangenin juga harus bisa nahan hawa nafsu dari hal-hal yang bisa membatalkan puasa seperti siang-siang nonton film biru di kamar sambil ngemil ayam KFC. Udah puasanya batal karena nonton film avatar, ngebatalin puasanya pake ayam KFC pula. Ayam Amerika. Zionis. Illuminati. Dosanya berlipat ganda. Hiii..

Dalam hal menahan puasa biar nggak batal, jomblo itu memang punya rintangan yang lebih berat ketimbang yang punya pacar. Karena untuk beberapa jomblo lemah, puasanya bisa batal hanya dengan ngeliat ada pasangan ciuman atau sekadar gandengan di jalan lalu seketika nyesek terus nangis sesenggukan. Udah jomblo, puasanya batal pula. Mau jadi apa coba? kan kampret.

Aku pernah baca di buku karangan Mpu siapa gitu aku lupa, katanya puasa itu manfaatnya banyak. Salah satunya adalah mengurangi kebiasaan buruk. Kayak misalkan sebelum bulan Ramadhan, solatnya sering bolong, sedekahnya jarang atau kalo lagi makan di warung suka ngambil gorengan 31 tapi pas bayar ngakunya cuma ngambil 3. Nah pas bulan Ramadhan biasanya kebiasan-kebiasaan buruk ini bakalan dikurangi oleh beberapa orang dengan cara banyak melakukan ibadah karena takut kena azab.

Bulan Ramadhan itu emang udah seharusnya banyak diisi dengan ngelakuin banyak kebaikan dan menunaikan ibadah lebih rajin dari bulan-bulan-bulan sebelumnya sih, karena pahala ibadah di bulan Ramadhan jauh lebih banyak dibandingkan bulan-bulan lain. Tapi hanya karena pahala di bulan Ramadhan itu lebih bayak dibandingin dengan bulan-bulan yang lain, berbuat kebaikannya jangan cuma pas puasa aja, terus abis puasa balik bangsat lagi. Kalau bisa teruslah jadi orang baik karena nggak ada salahnya jadi orang baik.

Dan jangan pernah takut jadi orang baik dengan alasan bakal ditolak gebetan ataupun diputusin pacar dengan alasan "kamu terlalu baik buat aku", karena pada akhirnya, setiap orang akan memilih yang baik untuk dijadikan pasangan hidupnya.

Selamat berpuasa bagi teman-teman yang menjalankan.

Jagalah lisan, jagalah sikap, serta jagalah hati lentera hidup ini~ *pose Ustad Arifin Ilham*



Eko Prasetya Nugraha [ Ozhu ToRemember ]

You Might Also Like

1 comments

Like us on Facebook

Flickr Images