Donor Darah? Kenapa tidak.

Saturday, March 14, 2015

Tiap 14 Juni diperingati sebagai Hari Donor Darah Sedunia. Tapi sekarang 14 Maret 2015 di peringati sebagai Bakti Sosial Donor Darah bersama Pesona Fm Madiun. Iya hari ini tempat kerja ku, eh bukan ini sebagai ku untuk menyalurkan hobiku. Itu tepatnya. Sedang ngadain donor darah.

Mendonorkan darah tidak hanya bermanfaat untuk mereka yang membutuhkan darah itu. Tapi kita, sebagai pendonor, turut mendapatkan manfaat besar ketika rutin mendonorkan darah. 



Sejumlah orang merasa sakit dan lelah sehabis mendonorkan darah. Percayalah, sakit dan lelah yang dirasakan itu hanyalah perasaan sesaat. Ketika kamu membuang itu jauh-jauh, maka beberapa manfaat kesehatan akan segera kamu dapati selepas mendonorkan darah.


Beberapa manfaat setelah donor darah.


1. Mengurangi penyakit jantung


Salah satu manfaat kesehatan dari mendonorkan darah secara teratur adalah membuat jantung kamu senantiasa sehat. Dengan begitu, akan meningkatkan zat besi dalam darah dan juga mengurangi kemungkinan kamu menderita penyakit jantung. 


2. Membakar kalori


Mendonorkan darah secara teratur akan membantu kamu membakar kalori dalam tubuh. Tidak percaya? Bayangkan saja, ketika darah yang kamu donorkan sebanyak 450 ml, maka kamu pun kehilangan sekitar 650 kalori. 


3. Menurunkan risiko kanker


Selain membantu membakar kalori, mendonorkan darah pun dapat menurunkan risiko terjadinya kanker. Termasuk kanker hati, paru-paru, usus besar, perut, dan kanker tenggorokan.


4. Meningkatkan produksi darah


Manfaat mendonorkan darah secara teratur dapat membantu merangsang produksi sel-sel darah baru. Proses mendonorkan darah ini, akan membantu tubuh tetap sehat dan bekerja lebih efisien.


5. Pikiran lebih stabil


Apakah kamu tahu bahwa mendonorkan darah secara rutin dapat membantu kamu menjaga pikiran tetap stabil? Inilah faktanya. Dengan mendonorkan darah, akan membuat kamu merasa lebih bahagia dan damai. Bahagia karena dapat menolong sesama dan damai dengan tubuh sendiri.


6. Bagian dari periksa kesehatan


Mendonorkan darah juga dapat digunakan sebagai uji pemeriksaan kesehatan diri sendiri. Ketika darah yang kamu miliki berada di dalam kantong darah dan diperiksa di laboratorium, maka tim medis akan melihat apakah kamu menderita suatu penyakit tertentu atau tidak. Sebab jika kamu negatif dari segala jenis penyakit, maka darah yang kamu miliki dapat disumbangkan untuk mereka yang membutuhkan. Jika tidak, maka kamu akan diberitahu apa yang sebenarnya sedang terjadi.


7. Menjadi lansia yang sehat


Banyak orang tua yang memiliki kesehatan cukup baik dan prima di usianya yang telah lanjut tersebut. Ini sebabkan karena mereka senantiasa menyumbangkan darahnya sejak muda sampai mereka tua.


8. Menurunkan kolesterol


Manfaat kesehatan lain dari mendonorkan darah secara rutin adalah akan membantu kamu untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.


Jadi, setelah kamu mengetahui apa saja manfaat yang dari mendonorkan darah, masih ragu untuk melakukannya? Ayolah, kalau enggak sekarang, kapan lagi. Ingat,  setetes darahmu sangat berarti bagi sesama. 


Eko Prasetya Nugraha [ Ozhu ToRemember ]

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images