Masa Kecil

Wednesday, May 13, 2015

balonku ada lima
rupa rupa warnanya
merah kuning kelabu
merah muda dan biru
meletus balon hijau
dooorrr....
hatiku sangat kacau
balonku tinggal empat
kupegang erat erat.

Udah mblo nyanyinya? Jangan erat-erat megangnya nanti meletus kalau enggak malah lepas, tu kan mblo apa yang aku bilang, lepas jodoh balonnya...

Ehem! :D Hallo, apa kabar hmmm? Semoga selalu jadi pembaca baik hati :D

Mmm... kamu pasti tau kan lagu diatas? Balon ku / balon mu? Ah Serius kalau kamu nggak tau berarti masa kecil kamu cukup menyedihkan untuk ukuran manusia normal.

Naaaaah, kali ini aku mau cerita-cerita tentang masa kecil. Yang punya masa kecil angkat barbelnyaaaaaa??!!! Yah nggak ada. Aku sendiri berarti.

Ada yang kangen masa kecil? Ada yang pengen balik ke masa kecil? Aku yakin 8 dari 10 orang pengen balik ke masa kecilnya. (8 dari 10 orang kayak iklan sampo, huft...)

Jadi gini, kata guru TK dulu.. satu hari itu ada 24 jam, iya bener. Dan kamu semua pasti tau waktu 24 jam itu bakal jalan terus, nggak bisa dicancel, stop, undo, ataupun skip. Nggak peduli jam dinding dirumah yang dari caleg itu mati atau idup, pagi ya bakal keganti sama siang, siang bakal keganti sore, sore keganti malem, malem jadi pagi lagi. Gitu-gitu aja sih urutannya, dan bakalan gitu terus dan nggak ada yang tau sampe kapan.

Nah, waktu yang jalan terus itulah yang nganter aku sampe umur aku sekarang ini. Kampret siapa yang bilang 30 Tahun? Aku masih muda, serius, duarius deh, oke kalau masih nggak percaya tigarius buat kamu. Nah gitu dong, baru anak baik XD. Semoga waktu tetep ngiringin aku sampai lama, lama banget, barengan sama orang-orang yang aku sayang. Dan mungkin kalian juga gitu, sama. Sini peluk kedjup mandja satu-satu. *Kabur...

Balik lagi ke lagu Balonku. Waktu juga yang ngebuat aku kangen masa-masa aku nyanyi lagu itu diteras rumah siang bolong saat semua keluarga kumpul, yang lain pada kipas-kipas kepanasan aku cuma megangin balonku, yang katanya ada lima padahal cuma satu dan semua ikut nyanyi sambil megang balon bareng keluargaku. (tepatnya aku sendiri sih yang megangin balon dan nyanyi, yang lain enggak).

Dulu waktu masih kecil, aku pengen banget jadi orang gede. Biar di bilang gagah dan macho.

Iya, supaya bisa beli es krim sendiri tanpa ditakut-takutin kalau abang es krim nya itu penculik anak kecil =))

Supaya bisa berangkat sekolah sendiri tanpa dianter dan diliatin sampe masuk ke kelas yang kemudian dapet sapaan anak culun dari temen-temen, yang aku jamin sih mereka nyesel pernah ngatain aku anak culun.

Supaya bisa ngambil jambu monyet, (itu lo gan sis jambu yang ada mete’ nya, itu namanya jambu monyet, aduh jangan bilang jomblo). Bener ngambil atau metik sendiri tanpa harus susah payah minta ambilin bapak atau ibuk dari pagi yang akhirnya malah lupa, karena katanya nggak boleh makan jambu pagi-pagi nanti sakit perut, dan pas udah siang sebelum diambilin harus makan dan tidur siang dulu aja, ngambilnya nanti sore, eh sorenya disuruh ngaji sampe malem, malemnya nggak bisa ngambil karena gelep. Aku menghela napas panjang, panjang banget...

Ah banyak banget deh alasan aku dulu pas masih kecil pengen cepet-cepet gede.
Sekarang, Aku udah gede’, bukan gede itunya, gede apapun deh biar adil dari umur sampai badan. Please jangan ngeres, nanti dosa lo trus kamu masuk neraka, nggak mau kan?.

Yeah,,, Udah berani beli eskrim sendiri, berangkat sekolah sendiri. Ngambil jambu juga udah bisa sendiri. Bahkan nggak cuma untuk diri aku sendiri loh, aku juga udah bisa dong ngambilin jambu adik ku, adik tetangga ku, tetangga adik ku, tetangga ku yang beradik, adik ku yang bertetangga dan para adik lain yang nggak bisa hidup tanpa jambu, baik dipohon jambu yang ada dirumah ku atau dirumah masyarakat sekitar. Hebat kan aku. Sayang, aku ternyata anak tunggal, itu tadi sebenarnya adik sepupu aku yang udah anggep adik sendiri, bukan adik tetanggaku. :’D oke abaikan ini.
Tapi, sekarang aku sadar kalau pas kecil dulu aku bodoh dibagian pengen jadi cepet gedenya itu. Ternyata lebih enak masa kecil kemana-mana. Iya kan? Apa aku sendiri yang ngerasa gitu? Baiklah.

Waktu kecil, hidup nggak pernah seribet orang dewasa. Semasa kecil yang ada cuma ketawa dan lepas nggak pakek pura-pura.

Ada nangis juga sih, tapi nangisnya karena hal-hal yang emang patut ditangisin. Misalnya kayak jatoh dari sepeda, jatoh dari tangganya uler tangga, jatoh dari pemancar, atau jatoh dari atap sekolahan. Dan nangisnya itupun nggak lama, asal apa yang ada dihati jadi ada didepan mata (es krim, coklat, dan semua jajanan warung).

Nggak pernah ngalamin hal-hal ngeselin atau masalah-masalah nggak penting yang ngebuat orang dewasa ngerasa bahwa AKU PENGEN BALIK JADI BOCAH LAGI MEN! Ya gitu deh. Benar?

Banyak hal yang udah aku pertimbangin sebelum aku mutusin bahwa masa kecil itu emang masa paling epic sepanjang umur!

Contohnya...

Dulu pas masuk TK, aku ggak pernah tuh dikerjain abis-abisan kayak Mos sekolah tahun lalu. Disuruh jalan jongkok kalo telat, disuruh bawa bunga, bawa bekal tahu tempe doang, ngitung jumlah tangga, jumlah tiang kelas, cari semut juga dan yang paling aku nggak rela itu suruh bawain pampers gaes pampers gara-gara ke toilet terus telat masuk kelas ! Ahelah aku nggak habis pikir apa mau mereka gaes, serius ini kisah nyata. Keren kan aku. Nah nggak tau ini kerennya di mana.

Trus, waktu TK juga nggak pernah dimarahin ketua organisasi gara-gara nggak masuk tanpa izin, clometan dan lain-lain. Nggak pernah ngerjain tugas trigonometri yang bikin sebagian kepala ku terasa berat yang teramat sangat. Nggak pernah remidi matematika. nggak pernah malu sama temen cewek, apalagi temen cewek yang cantik, yang jelek juga enggak, nggak pernah. Nggak pernah mikirin sekarang beli jajan segini, besok masih bisa jajan nggak ya, jadi aku harus sisain duit berapa nih. Nggak gitu.

Nggak pernah malu ngapain aja dimana aja.

Nggak ngerti yang mana sindiran, yang mana hinaan, semua dianggap pujian.

Kalau lari-lari trus jatuh, pasti ditolongin dan diobatin. Bukan dimarahin dan disuruh cari obat sendiri.

Kalau lebaran pasti dapet amplop banyak, kadang sampe beli topeng-topengan biar bisa balik lagi kerumah yang sama. Walaupun selalu ketauan sih...

Oh iya, waktu kecil juga aku nggak pernah tau kok perbedaan orang jomblo sama bukan (no curhat).

Pokoknya bahagia. Iya bahagia. Bahagia yang lepas banget.

Jadi intinya, aku kangen masa kecil. Kangen banget. Kamu? Udah ngangguk aja. Tu senyum-senyum sendiri. Hati-hati mblo nanti aam tetangga banyak yang mati.

Mmm... Kangen digendong dipunggung belakang. Kangen berangkat ngaji bareng temen-temen ke masjid, eh tapi lebih kangen pas pulang ngajinya, yang bagian nadah mangga dibawah pohon mangga masjid, mangga jatoh kok. Iya jatuh dari tangan temen yang nangkring diatas pohon itu :D

Kangen main Delikan (Re: Petak Umpet) yang aku selalu jaga. Kangen main wo-dowo (Re: Wo dowo sing dowo dadi eh bukan itu, itu mainnya sih, pokoknya gitu) di mana yang aku selalu kena. Kangen main ular tangga yang aku selalu kalah. Kangen semuanya. Kangen juga dikhawatirin pake banget-banget nggak pake bohong yang pedes karetnya dua, eh bukan.

Iya, coba bisa minta sama Allah, balik jadi bocah sebulaaaaan aja? Kalau nggak bisa yaudah deh seminggu? Nggak bisa juga yaudah tiga hari deh? Em.. dua jam deh? Ah tetep nggak bisa.

Jadi salah siapa dong ini? Salah waktu? Bisa liat waktu dari mana? Jam? Jam dinding yang dirumah dari mana? Caleg. Oke sepakat, jadi ini salah caleg! Haha.

Yaudah deh segini aja tulisan geje ku yang ini. Buat kangen yang lagi kangen masa kecil juga, follow + mention aku aja di twitter: @ozhu73 . Aku jamin kamu bakal tetep kangen masa kecil kamu.

Terakhir, ada pesen dari aku. Yang pertama buat anak-anak kecil jaman sekarang diseluruh bumi. Jangan dewasa sebelum waktunya plis! Dan nggak usah berharap supaya jadi cepet gede, atau kamu bakal nulis kayak apa yang aku tulis ini nantinya.

Buat makhluk seumuran aku. Nikmatin aja masa-masa yang ada sekarang. Nikmati belajar di sekolahnya, Tugas kampus dan jangan cuma di situ aja, Indonesia itu indah men. Yang jelas nikmati setiap momennya. Karena bisa jadi masa-masa sekarang ini bakal kamu kangenin juga nanti pas umur kamu bertambah dan bertambah. Sayangin orang-orang sekitar kamu, buat mereka rada beruntung dikit gitu punya keluarga, saudara, temen atau sahabat kayak kamu.

Buat orang-orang dewasa, selamat menikmati kedewasaannya. Dan jangan pernah nyalahin caleg yang udah ngasih jam dinding ya. Cukup aku aja yang ngelakuin itu :D

Yaudah, semoga masa lalu, masa sekarang, dan masa depan kita selalu baik ;)
Sekian.

Thanks for reading. Jangan lupa tersenyum dan tetap mengagumkan.


Tambahan: terima kasih masa kecil, love you!

Eko Prasetya Nugraha [ Ozhu ToRemember ]

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images